Hoax Dibuat Orang Setengah Pintar, Disebar dan Dimakan Orang Terlalu Pintar

by Nansa Sutiono

Jokowi itu orang tuanya Kristen, itupun saya dapat dari Internet, bukan semata mata dari pengetahuan saya tapi internet yang beredar seperti itu… di internet ini kan valid boleh dibilangkan” Begitu ucapan seorang tokoh politik dan mantan ketua umum parpol. NGERI Banget kan …..

Hoax lain yang akan kita bahas “Prabowo nabok tangan pendukungnya, Prabowo ‘ANU’ nya di potong, Jokowi PKI, Cina, Jokowi orang terkaya 18 asia, Jokowi orang tuanya kristen

Hoax alias berita bohong yang mana informasi didalamnya tidak benar namun akan di sebarkan seolah olah sebagai sebuah kebenaran oleh orang yang menyebarkannya. Nah parahnya para petinggi politik di tanah air ini banyak yang memainkan HOAX ini untuk kepentingan mereka, apabila ada Hoax terhadap lawan politik mereka, dengan sigap dan cepat mereka menyebarkannya.

JOKOWI vs PRABOWO

Hoax banyak berterbangan dari kedua kubu ini, parahnya ada pendukung yang menjadikan Hoax tersebut sebagai “PEDOMAN HIDUP” dirinya, keluarga dan bahkan menjadi “QUOTES HARTA YANG PALING BERHARGA” untuk menjalani hidup dan masa depannya. Baik Prabowo dan Jokowi bisa kita bilang sering di serang Hoax.

Kenapa bisa demikian ? karena ada banyak orang menganggapnya sebagai suatu kebenaran yang hakiki dan harus di sebarkan dengan SEMANGAT 45.

Contoh Hoax Yang Menyerang Prabowo

“Prabowo nabok tangan pendukungnya sendiri yang ingin bersalaman dengannya”. Ini cukup menarik kenapa ?

  1. Di video benar memperlihatkan Prabowo menepis tangan pendukungnya.
  2. Ini dianggap sangat baik untuk mengambarkan sifat Prabowo.

Cepat sekali tersebar, terutama di group – group dan di sosial media. Namun faktanya, sudah di jelaskan oleh tim BPN

“Saya informasikan ya, itu yang diperingati dengan tegas oleh Pak @prabowo adalah aparat pengaman yang kasar dan mendorong rakyat yang ingin mendekati Pak Prabowo,” tulis Dahnil di akun Twitter resminya, dikutip merdeka.com, Selasa (12/3).

Prabowo gak Punya ‘Anu’ ” Ini juga bisa di kategorikan Hoax, karena belum ada berita valid yang mengatakan hal tersebut. Namun isu ini sudah sangat sering berhembus di sosial media. Baru baru ini tim BPN Prabowo – Sandiaga melalui buku birunya sudah mengklarifikasi

Jawaban: Kalau nggak punya “anu” kenapa punya anak. Anaknya menjadi desainer dunia dan mendesain mobil BMW seri termewah yg hanya diproduksi 5 unit saja di dunia

Tanpa klarifikasi ini pun kita bisa mencari tahu sebenarnya, caranya gimana ?

  • Cek peristiwa yang dijadikan alasan : Yaitu, ketika Prabowo melakukan misi membrantas Fretilin di Timor Timor Tahun 1978.
  • Anak. Prabowo dikaruniai anak yaitu Didit pada tahun March 22, 1984. Dari dua fakta ini mungkin kita sudah bisa pastikan kalau isu ini tidak boleh kita jadikan suatu kebenaran.

Contoh Hoax Yang Menyerang Jokowi

Sebagai presiden terpilih, Jokowi tidak kalah banyak mendapat hoax contohnya :

Jokowi anak PKI, Jokowi Anti Islam“. Umumnya hoax semacam ini ditujukan “SI Pintar” pada “SI DUNGU” yang hatinya sudah diliputi oleh kebencian. Karena isu isu ini termasuk yang sangat mengelikan, karena tidak mungkin seorang Presiden anti Islam, sedangkan dia menjadi pemimpin di negeri mayoritas islam dan dia sendiri beragama Islam. Lalu Anak PKI, ini lucu juga, cukup kita gunakan nalar ini saja. Anak pembunuh bukan seorang pembunuh, anak pencuri bukan seorang pencuri, anak pendusta bukan seorang pendusta, ini artinya sekalipun benar, so what ?? dan tentunya ini sudah di bantah berkali kali dengan fakta oleh Jokowi ataupun timnya, jadi jika masih di percaya, memang sedikit ada kelainan di orang yang men-share nya.

Jokowi Orang Terkaya 18 di Asia, Jangan terperdaya gaya ndesonya” nah mungkin ini menarik karena dari kabar yang disebarkan disupport data dari Investing.com, situs bisnis dan investasi yang sangat populer di dunia. Jika tidak teliti wah, bisa terjebak orang yang menyebarkannya. Judul artikel “Real Life Crazy Rich Asians: The 10 Most Interesting (and Richest) Asians of 2019”, Nah yang harus di ingat adalah di artikel tersebut ada MOST Interesting, bukan hanya Richest. Tapi oleh pembuat hoax ini di pelintir menjadi richestnya saja yang ditonjolkan, sehingga menjadi santapan hater yang lapar.

Jokowi itu orang tuanya Kristen, itupun saya dapat dari Internet, bukan semata mata dari pengetahuan saya tapi internet yang beredar seperti itu… di internet ini kan valid boleh dibilangkan” Begitu ucapan seorang tokoh politik dan mantan ketua umum parpol. Mengerikan bukan bagaimana mereka pola pikir dan argumen mereka terhadap suatu berita.

Tips :

  • Jangan mudah menyebarkan berita / info yang belum di yakini kebenarannya
  • Jika berita tersebut meyakinkan, cek dulu di berbagai sumber kredibel seperti situs berita online kompas, detik, viva, dan sebagainya.
  • Analisis sedikit secara nalar, jangan terbawa emosi.

Ingat hoax bisa menghancurkan sebuah negara, jangan pernah main – main dengan isu hoax ini, terutama yang menyangkut SARA. Anda pembuat hoax ? berarti anda setengah pintar (gak full), Anda penyebar dan yang meyakini ? Berarti anda terlalu pintar dan memiliki visi yang luar biasa brillian (kemungkian tidur dan makan gratis di jeruji besi)

Intinya, Rajin Dikit aja, Akan menghindarkan anda dari Bodoh Total